Selasa, 17 April 2012

Buku Siswa tipe webbed, tema "KOPI"

"Kopi"
     Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menjumpai ibu kita sedang menyiapkan kopi buat ayah kita. Namun pernahkah kalian berfikir tentang apa sesungguhnya kandungan yang ada dalah kopi tersebut?
     Sejatinya Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi
        Zat dalam kopi  adiktif dalam kopi .
                 Zat adiktif adalah Zatadiktif adalah obat serta bahan-bahan aktif yang apabila dikonsumsi oleh organisme hidup dapat menyebabkan kerja biologi serta menimbulkan ketergantungan atau adiksi yang sulit dihentikan dan berefek ingin menggunakannya secara terus-menerus yang jika dihentikan dapat memberi efek lelah luar biasa atau rasa sakit luar biasa, atau zat yang bukan narkotika dan psikotropika tetapi menimbulkan ketagihan.
                Beberapa macam zat adiktif dalam kopi :
1.    Acetylmethylcarbinol
        Zat pemberi rasa kopi dan rasa mentega
2.    2-Ethylphenol
        Fenol adalah senyawa kimia yang aktif, dan ditemukan di seluruh alam-dan khususnya pada tanaman seperti yang menghasilkan biji kopi. Studi klinis telah menunjukkan bahwa fenol tertentu memiliki karakteristik yang dapat bermanfaat bagi kesehatan seseorang.


3.    Caffeine
        Ternyata kafein dapat menjadi salah satu zat dalam secangkir kopi sehat. Menurut studi klinis, kafein memiliki beberapa keuntungan. Hal ini dapat meningkatkan kinerja fisik dan mental. Kafein juga meningkatkan metabolisme Anda, yang merupakan nilai tambah besar jika Anda ingin menurunkan berat badan. Selanjutnya, ternyata kafein juga dapat membantu untuk mengurangi gejala kondisi seperti sakit kepala, dan risiko penyakit seperti penyakit Parkinson. Tentu saja, kuncinya adalah untuk minum kopi berkafein dalam aturan tertentu.

4.    Dicaffeoylquinic Acid
        Sebagai antioksidan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.
5.    Niacin
        Juga dikenal sebagai vitamin B3, ini adalah sesuatu yang harus Anda miliki dalam diet harian Anda. Bahkan, dua atau tiga cangkir kopi dapat menyediakan sekitar 50% dari kebutuhan harian yang disarankan.
6.    Quinic Acid
        Jika Anda pernah bertanya-tanya apa yang membuat kopi sedikit berasa asam? Itu adalah zat asam Quinic. Asam Quinic digunakan untuk berbagai jenis obat, seperti yang digunakan untuk mengobati strain influenza A dan influenza B. Sesuatu yang digunakan untuk memerangi flu jahat ternyata dari zat dalam kopi.
Kafein yang terkandung dalam kopi memiliki efek stimulan yang cukup berbahaya. Kafein dapat menyebabkan seseorang sulit tidur, kecanduan. Kafein juga menyebabkan seseorang sulit mengendalikan emosi serta sulit berkonsentrasi. Kafein juga diindikasikan bisa memicu kanker.

Dampak positif dan negatif dalam kopi.
Efek positif Kopi:
·       Kopi dapat mengurangi resiko terkena penyakit Alzheimer.
·       Kopi dapat mengurangi resiko terkena pengakit Parkinson.
·       Kopi dapat membantu meningkatkan memori jangka pendek manusia.
·       Hal ini terutama disebabkan karena kafein yang dikandungnya bereaksi secara kimia menstimulasi dan membantu kita untuk menangkap dan fokus terhadap informasi yang diterima lebih baik untuk jangka pendek tertentu.
·       Kopi dapat membantu meredakan sakit kepala, Kandungan kafein dapat membantu meningkatkan efek obat-obatan yang berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit sementara seperti aspirin, midol dan excedrin. Banyak dari obat sakit kepala dan migran mengandung kafein dalam jumlah kecil.
·       Kopi merupakan efektif antioksidan.
·       Kopi merupakan diuretic yang baik. Minum kopi membuat orang lebih sering buang air kecil. Ini bagus untuk membantu tubuh membuang semua zat-zat ataupun kandungan yang sudah tidak diperlukan lagi oleh tubuh.
·       Kopi juga membantu mengurangi resiko terkena batu ginjal (vibizlife.com)
catatan :
1.    penyakit Alzheimer adalah sebutannya alz-zhai-me, merupakan sejenis penyakit penurunan fungsi saraf otak yang kompleks dan progresif. Penyakit Alzheimer bukannya sejenis penyakit berjangkit. Penyakit Alzheimer adalah keadaan di mana daya ingatan seseorang merosot dengan teruknya sehinggakan pengidapnya tidak mampu mengurus diri sendiri (wikipedia.com)
2.    pengakit Parkinson(paralysis agitans) adalah penyakit degeneratif syaraf yang pertama ditemukan pada tahun 1817 (An Essay on the Shaking Palsy) oleh Dr. James Parkinson.
3.    Antioksidan adalah substansi yang diperlukan tubuh untuk menetralisir radikal bebas and mencegah kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas terhadap sel normal, protein, dan lemak. Antioksidan menstabilkan radikal bebas dengan melengkapi kekurangan elektron yang dimiliki radikal bebas, dan menghambat terjadinya reaksi berantai dari pembentukan radikal bebas yang dapat menimbulkan stres oksidatif
Ada beberapa bentuk antioksidan, di antaranya vitamin, mineral, dan fitokimia. Berbagai tipe antioksidan berkerja bersama dalam melindungi sel normal dan menetralisir radikal bebas.
Efek Negatif Kopi :
·       Kopi dapat menyebabkan constipation atau susah buang air besar.
·       Kopi menyebabkan karang gigi dan gigi menjadi kuning bia dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

Bagaimana cara untuk mengurangi kecanduan akan kopi?
  Pilih hari tanpa kopi. Pilih satu hari dalam sepekan ketika Anda tidak supersibuk hingga bisa menggantikan jatah waktu kopi dengan tidur siang barang sejenak.
  Setelah itu mulailah mengurangi separuh asupan kopi dalam sehari, yang biasa Anda minum sebelumnya, lalu pantang minum kopi setelah pukul 14.00.
  Ganti kopi pagi hari dengan teh hijau, yang meski juga mengandung kafein tapi dosisnya sangat rendah dan sangat tinggi kadar antioksidannya.
  Suka minuman berkarbonasi? Ganti dengan soda biasa yang dicampur dengan perasan lemon atau jus buah segar.
  Tingkatkan asupan vitamin B, seperti dari bayam atau sereal gandum utuh, untuk mendongkrak energi yang biasanya Anda dapatkan dari kafein.
  Hati-hati terhadap kafein yang bersembunyi di produk minuman energi, es krim, atau cokelat. Cari sumber energi lain, misalnya dengan berolahraga.
  Minum banyak air putih untuk menggelontorkan kafein dari sistem tubuh Anda dan mengurangi sakit kepala serta sembelit.

Sistem pencernaan (bahasa Inggris; digestive system) adalah sistem organ dalam hewan multisel yang menerima makanan, mencernanya menjadi energi dan nutrien, serta mengeluarkan sisa proses tersebut melalui dubur. Sistem pencernaan antara satu hewan dengan yang lainnya bisa sangat jauh berbeda.
Pada dasarnya sistem pencernaan makanan dalam tubuh manusia terjadi di sepanjang saluran pencernaan (bahasa Inggris: gastrointestinal tract) dan dibagi menjadi 3 bagian, yaitu proses penghancuran makanan yang terjadi dalam mulut hingga lambung.Selanjutnya adalah proses penyerapan sari - sari makanan yang terjadi di dalam usus. Kemudian proses pengeluaran sisa - sisa makanan melalui anus.
                  pencernaan pada manusia yang menkonsumsi kopi mempunyai prosen yang sama terkena dampak dari zat-zat adiktif yang ada pada kopi.
Contohnya
1.      Gastritis adalah peradangan pada lapisan lambung.
PENYEBAB
Lapisan lambung menahan iritasi dan biasanya tahan terhadap asam yang kuat.
Tetapi lapisan lambung dapat mengalami iritasi dan peradangan karena beberapa penyebab:
1.      Gastritis bakterialis biasanya merupakan akibat dari infeksi oleh Helicobacter pylori (bakteri yang tumbuh di dalam sel penghasil lendir di lapisan lambung).
Tidak ada bakteri lainnya yang dalam keadaan normal tumbuh di dalam lambung yang bersifat asam, tetapi jika lambung tidak menghasilkan asam, berbagai bakteri bisa tumbuh di lambung. Bakteri ini bisa menyebabkan gastritis menetap atau gastritis sementara.
2.      Gastritis karena stres akut, merupakan jenis gastritis yang paling berat, yang disebabkan oleh penyakit berat atau trauma (cedera) yang terjadi secara tiba-tiba.
Cederanya sendiri mungkin tidak mengenai lambung, seperti yang terjadi pada luka bakar yang luas atau cedera yang menyebabkan perdarahan hebat.
3.      Gastritis erosif kronis bisa merupakan akibat dari:
- bahan iritan seperti obat-obatan, terutama aspirin dan obat anti peradangan non-steroid lainnya
- penyakit Crohn
- infeksi virus dan bakteri.
Gastritis ini terjadi secara perlahan pada orang-orang yang sehat, bisa disertai dengan perdarahan atau pembentukan ulkus (borok, luka terbuka).
Paling sering terjadi pada alkoholik.
4.      Gastritis karena virus atau jamur bisa terjadi pada penderita penyakit menahun atau penderita yang mengalami gangguan sistem kekebalan.
5.      Gastritis eosinofilik bisa terjadi sebagai akibat dari reaksi alergi terhadap infestasi cacing gelang.
Eosinofil (sel darah putih) terkumpul di dinding lambung.
6.      Gastritis atrofik terjadi jika antibodi menyerang lapisan lambung, sehingga lapisan lambung menjadi sangat tipis dan kehilangan sebagian atau seluruh selnya yang menghasilkan asam dan enzim.
Keadaan ini biasanya terjadi pada usia lanjut.
Gastritis ini juga cenderung terjadi pada orang-orang yang sebagian lambungnya telah diangkat (menjalani pembedahan gastrektomi parsial).
Gastritis atrofik bisa menyebabkan anemia pernisiosa karena mempengaruhi penyerapan vitamin B12 dari makanan.
7.      Penyakit Meniere merupakan jenis gastritis yang penyebabnya tidak diketahui.
Dinding lambung menjadi tebal, lipatannya melebar, kelenjarnya membesar dan memiliki kista yang terisi cairan.
Sekitar 10% penderita penyakit ini menderita kanker lambung.
8.      Gastritis sel plasma merupakan gastritis yang penyebabnya tidak diketahui.
Sel plasma (salah satu jenis sel darah putih) terkumpul di dalam dinding lambung dan organ lainnya.
2.      Tukak lambung adalah luka yang terjadi di sekitar bagian dalam lambung atau usus yang menyebabkan rasa nyeri pada sistem pencernaan kita.
Daftar pustaka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar