Strategi-strategi belajar atau strategi-setrategi kognitif mengacu pada perilaku dan proses-proses berfikir siswa yang digunakan pada saat mereka menyelesaikan tugas-tugas belajar.
Dukungan Teoritik:
Ringkasan teori Vygotsky: Intelektual berkembang pada saat individu menghadapi ide-ide baru dan sulit serta mengaitkan ide-ide tersebut dengan apa yang telah mereka ketahui, interaksi dengan orang lain memperkaya perkembangan intelektual, peran utama guru adalahbertindak sebagai seorang pembantu dan mediator pembelajaran siswa.
Alasan-Alasan Penggunaan Strategi Belajar
1. Menggarsbawahi peran penting bahwa pengetahuan awal berperan dalam proses belajar
2. Membantu kita memahami apakah pengetahuan iyu dan perbedaan diantara berbagia jenis pengetahuan.
3. Membantu menjelaskan bagaimana pengetahuan diperoleh oleh manusia dan diproses dalam sistem memori otak.
JENIS-JENIS
STRATEGI BELAJAR
A.
Strategi-Strategi Mengulang
a. Mengulang
sederhana (rote rehearsal)
Contoh : Sekedar mengulang dengan keras
atau dengan pelan informasi yang ingin dihafal seperti menghafal daftar belanja
yang ingin dibeli.
b. Mengulang
kompleks
1. Menggarisbawahi
Contoh : Klasifikasi adalah suatu cara pengelompokan yang didasarkan pada
ciri-ciri tertentu. Semua ahli biologi menggunakan suatu sistem klasifikasi untuk
mengelompokkan tumbuhan ataupun hewan yang memiliki persamaan struktur.
Kemudian setiap kelompok tumbuhan ataupu hewan tersebut dipasang-pasangkan
dengan kelompok tumbuhan atau hewan lainnya yang memiliki persamaan dalam
kategori lain.
2. Catatan
Pinggir
a) Menandai
definisi
Contoh :
ü Kalor adalah
suatu energi yang mudah diterima dan mudah sekali dilepaskan sehingga dapat
mengubah temperatur zat tersebut menjadi naik atau turun.
b) Melingkari
kata-kata yang tidak diketahui
Contoh :
Meskipun orang biasanya
menetapkan genetika dimulai dengan ditemukannya kembali naskah artikel yang
ditulis Gregor Mendel pada tahun 1900, sebetulnya genetika sebagai "ilmu
pewarisan" atau hereditas sudah dikenal sejak masa prasejarah,
seperti domestikasi dan pengembangan berbagai ras ternak dan kultivar tanaman
c) Menempatkan
tanda asterisk di dekat ide penting.
Contoh:
** Hukum Archimedes mengatakan bahwa
"Jika suatu benda dicelupkan ke dalam sesuatu zat cair, maka benda itu
akan mendapat tekanan keatas yang sama besarnya dengan beratnya zat cair yang
terdesak oleh benda tersebut".
d)
Menandai kemungkinan keluar di ulangan.
Contoh:
Soal ulangan
Menghitung PH larutan asam dan basa.
e)
Memberi nomor daftar (ide-ide kunci,
penyebab, alasan).
Contoh:
Pemanasan
global dapat mengakibatkan 1) ketidakstabilan iklim, 2) meningkatnya permukaan
laut, 3) meningkatnya suhu global, 4) gangguan ekologis, 5) dampak sosial dan
politis.
f)
Catatan pada kalimat yang membingungkan.
Contoh
:
?? Dampak
hujan asam diketahui sangat berbahaya. ..berbahaya
bagi siapa??
g)
Menandai pernyataan rangkuman.
Contoh:
Tulang,
sendi dan otot bekerja sama membentuk sistem gerak. Otot merupakan alat gerak
aktif, sedangkan tulang merupakan alat gerak pasif. Hal ini dimungkinkan karena
otot memiliki kemampuan untuk memendek dan me manjang. Pada saat otot memendek,
maka tulang-tulang tempat menempelnya otot tersebut akan ikut tertarik dan
terjadilah pergerakan.
h)
Catatan
persamaan
Contoh:
menurut Robert Brown sel itu sangat penting, yaitu untuk mengatur segala
proses yang terjadi di dalam sel---sama
dengan Max Schultze sel merupakan unit
structural dan fungsional makhluk hidup?
B.
Strategi-strategi
Elaborasi
a.
Pembuatan
Catatan
Contoh:
Catatan
matrixs dari bacaan tentang manusia dan kera.
Manusia Kera
Persamaan
Jenis Primata
Primata
Habitat Darat
Darat
Perbedaan
Intelegensi Tinggi Rendah
Cara beralan Tegap Bungkuk
b.
Analogi
Contoh:
Arus
listrik yang melewati suatu hambatan dapat dianalogikan seperti mobil yang
sedang melaju di jalan raya yang berlubang, mobil dianalogikan seperti aliran
listrik, dan jalan yang berlubang dianalogikan sebagai hambatan, jika mobil
melaju di jalan yang tidak berlubang maka mobil tersebut dapat melaju dengan
lancar tetapi jika mobil tersebut melaju dijalan yang berlubang maka laju mobil
tersebutpun akan terhambat.
c.
PQ4R
Contoh:
1)
Preview
: Jika dilihat sekilas di bawah mikroskop, tampak bentuk sel itu kaku dan
seperti benda mati. Akan tetapi ternyata setelah diselidiki lebih lanjut, di
dalam sel terjadi segala proses kegiatan, bahkan sebenarnya segala kegiatan
kita sehari-hari itu terjadi pada tingkat sel.
2)
Question
: apakah sel itu? Apa sajakah komponen penyusun sel? Apakah fungsi sel?
3)
Refleksi
4)
Resitasi
: sel adalah bagian terkecil dari makhluk hidup. Sel terdiri dari sitoplasma,
ribosom, lisosom, apparatus golgi, mitokondria, kloroplas, nukleus, nucleolus
dan lain-lain. Fungsi dari sel yaitu sebagai struktur, fungsi, reproduksi dan
heriditas makhluk hidup.
5) Review
: Pengertian Sel
Jika dilihat sekilas di bawah mikroskop, tampak bentuk sel
itu kaku dan seperti benda mati. Akan tetapi ternyata setelah diselidiki lebih
lanjut, di dalam sel terjadi segala proses kegiatan, bahkan sebenarnya segala
kegiatan kita sehari-hari itu terjadi pada tingkat sel. Ini dapat digambarkan
dengan kegiatan kita sehari-hari, misalnya ketika kita melakukan aktivitas
membaca buku. Sel-sel apa sajakah yang bekerja saat kita melakukan aktivitas
itu? Sel-sel tubuh yang bekerja antara lain sel otot. Dengan adanya sel
otot, maka tangan kita bisa memegang buku. Selain itu, sel batang dan kerucut
mata juga bekerja menerima bayangan tulisan atau gambar. Setelah itu, sel otak
akan menerjemahkan sehingga menghasilkan suatu pengertian. Berdasarkan
gambaran tersebut dapat kita ketahui bahwa sel itu hidup dan saling bekerja
sama satu dengan yang lain untuk melakukan fungsi hidup. Fakta tersebut
menunjukkan bahwa tubuh manusia tersusun atas kumpulan sel-sel. Sel-sel
berkelompok membentuk suatu jaringan, dan kemudian jaringanjaringan akan
menyusun organ. Organ mempunyai beragam bentuk dan fungsi. Organ-organ tersebut
saling berkaitan satu sama lain untuk membentuk suatu sistem. Sistem organ
inilah yang akan membentuk organisme baru. Dari uraian tersebut dapat
disimpulkan bahwa sel merupakan tingkatan terendah dari organisme kehidupan.
C.
Strategi-Strategi
Organisasi
a.
Outlining
Contoh:
Sistem
Pencernaan Pada Manusia:
A.
Makanan
Dan Fungsinya
B.
Organ-Organ
Pencernaan
1.
Mulut
2.
Krongkongan
3.
Lambung
4.
Usus
halus
5.
Usus
besar
C.
Gangguan
Pada Sistem Pencernaan
1.
Diare
2.
Apendistis
3.
Ulkus
4.
Magh
5.
Sembelit
b.
Mapping
Contoh:
c.
Mnemonics
1)
Chunking
/ pemotongan
Contoh:
Menghafal
NIM prodi pendidikan sains unesa seperti 103654205 dipotong enam angka dari
depan 103654 sehingga tinggal menghafal 205.
2)
Akronim
Contoh:
Menghafal
nama-nama warna dengan singkatan MeJiKuHiBiNiU (merah, Jingga, kuning, hijau,
biru, nila, ungu)
3)
Kata
Berkait (Link Word)
Contoh:
Mengaitkan
kata cell dalam bahasa inggris dengan kata cellulae (yang berarti ruangan kecil) dalam bahasa
latin.
D.
Strategi-strategi
Metakognitif
a.
Pengetahuan
tentang kognisi
b.
Pemonitoran
kognitif
Contoh:
Seorang
siswa yang berorientasi pada audio mengetahui bahwa belajar sambil mendengarkan
musik akan membuatnya lebih mudah untuk mengingat informasi dalam belajar.
Referensi: buku strategi-strategi belajar, karya Prof.Dr.Mohamad Nur
Tidak ada komentar:
Posting Komentar