Selasa, 17 April 2012

STRATEGI-STRATEGI BELAJAR

 Definisi:
 Strategi-strategi belajar atau strategi-setrategi kognitif mengacu pada perilaku dan proses-proses berfikir siswa yang digunakan pada saat mereka menyelesaikan tugas-tugas belajar.
Dukungan Teoritik:
Ringkasan teori Vygotsky: Intelektual berkembang pada saat individu menghadapi ide-ide baru dan sulit serta mengaitkan ide-ide tersebut dengan apa yang telah mereka ketahui, interaksi dengan orang lain memperkaya perkembangan intelektual, peran utama guru adalahbertindak sebagai seorang pembantu dan mediator pembelajaran siswa.
Alasan-Alasan Penggunaan Strategi Belajar
1. Menggarsbawahi peran penting bahwa pengetahuan awal berperan dalam proses belajar
2. Membantu kita memahami apakah pengetahuan iyu dan perbedaan diantara berbagia jenis pengetahuan.
3. Membantu menjelaskan bagaimana pengetahuan diperoleh oleh manusia dan diproses dalam sistem memori otak.

JENIS-JENIS STRATEGI BELAJAR
A.    Strategi-Strategi Mengulang
a.       Mengulang sederhana (rote rehearsal)
Contoh : Sekedar mengulang dengan keras atau dengan pelan informasi yang ingin dihafal seperti menghafal daftar belanja yang ingin dibeli.
b.      Mengulang kompleks
1.      Menggarisbawahi
Contoh : Klasifikasi adalah suatu cara pengelompokan yang didasarkan pada ciri-ciri tertentu. Semua ahli biologi menggunakan suatu sistem klasifikasi untuk mengelompokkan tumbuhan ataupun hewan yang memiliki persamaan struktur. Kemudian setiap kelompok tumbuhan ataupu hewan tersebut dipasang-pasangkan dengan kelompok tumbuhan atau hewan lainnya yang memiliki persamaan dalam kategori lain.
2.      Catatan Pinggir
a)      Menandai definisi
Contoh :
ü  Kalor adalah suatu energi yang mudah diterima dan mudah sekali dilepaskan sehingga dapat mengubah temperatur zat tersebut menjadi naik atau turun.
b)      Melingkari kata-kata yang tidak diketahui
Contoh :
Meskipun orang biasanya menetapkan genetika dimulai dengan ditemukannya kembali naskah artikel yang ditulis Gregor Mendel pada tahun 1900, sebetulnya genetika sebagai "ilmu pewarisan" atau hereditas sudah dikenal sejak masa prasejarah, seperti domestikasi dan pengembangan berbagai ras ternak dan kultivar tanaman
c)      Menempatkan tanda asterisk di dekat ide penting.
Contoh:
** Hukum Archimedes mengatakan bahwa "Jika suatu benda dicelupkan ke dalam sesuatu zat cair, maka benda itu akan mendapat tekanan keatas yang sama besarnya dengan beratnya zat cair yang terdesak oleh benda tersebut".
d)     Menandai kemungkinan keluar di ulangan.
Contoh:
Soal ulangan Menghitung PH larutan asam dan basa.
e)      Memberi nomor daftar (ide-ide kunci, penyebab, alasan).
Contoh:
Pemanasan global dapat mengakibatkan 1) ketidakstabilan iklim, 2) meningkatnya permukaan laut, 3) meningkatnya suhu global, 4) gangguan ekologis, 5) dampak sosial dan politis.
f)       Catatan pada kalimat yang membingungkan.
Contoh :
?? Dampak hujan asam diketahui sangat berbahaya. ..berbahaya bagi siapa??
g)      Menandai pernyataan rangkuman.
Contoh:
Tulang, sendi dan otot bekerja sama membentuk sistem gerak. Otot merupakan alat gerak aktif, sedangkan tulang merupakan alat gerak pasif. Hal ini dimungkinkan karena otot memiliki kemampuan untuk memendek dan me manjang. Pada saat otot memendek, maka tulang-tulang tempat menempelnya otot tersebut akan ikut tertarik dan terjadilah pergerakan.
h)      Catatan persamaan
Contoh: menurut Robert Brown sel itu sangat penting, yaitu untuk mengatur segala proses yang terjadi di dalam sel---sama dengan Max Schultze sel merupakan unit structural dan fungsional makhluk hidup?


B.     Strategi-strategi Elaborasi
a.       Pembuatan Catatan
Contoh:
Catatan matrixs dari bacaan tentang manusia dan kera.

                              Manusia                       Kera                                                   
Persamaan
      Jenis                Primata                        Primata
      Habitat                        Darat                           Darat
Perbedaan
      Intelegensi       Tinggi                          Rendah
      Cara beralan    Tegap                          Bungkuk
b.      Analogi
Contoh:
Arus listrik yang melewati suatu hambatan dapat dianalogikan seperti mobil yang sedang melaju di jalan raya yang berlubang, mobil dianalogikan seperti aliran listrik, dan jalan yang berlubang dianalogikan sebagai hambatan, jika mobil melaju di jalan yang tidak berlubang maka mobil tersebut dapat melaju dengan lancar tetapi jika mobil tersebut melaju dijalan yang berlubang maka laju mobil tersebutpun akan terhambat.
c.       PQ4R
Contoh:
1)      Preview : Jika dilihat sekilas di bawah mikroskop, tampak bentuk sel itu kaku dan seperti benda mati. Akan tetapi ternyata setelah diselidiki lebih lanjut, di dalam sel terjadi segala proses kegiatan, bahkan sebenarnya segala kegiatan kita sehari-hari itu terjadi pada tingkat sel.
2)      Question : apakah sel itu? Apa sajakah komponen penyusun sel? Apakah fungsi sel?
3)      Refleksi
4)      Resitasi : sel adalah bagian terkecil dari makhluk hidup. Sel terdiri dari sitoplasma, ribosom, lisosom, apparatus golgi, mitokondria, kloroplas, nukleus, nucleolus dan lain-lain. Fungsi dari sel yaitu sebagai struktur, fungsi, reproduksi dan heriditas makhluk hidup.
5)      Review : Pengertian Sel
Jika dilihat sekilas di bawah mikroskop, tampak bentuk sel itu kaku dan seperti benda mati. Akan tetapi ternyata setelah diselidiki lebih lanjut, di dalam sel terjadi segala proses kegiatan, bahkan sebenarnya segala kegiatan kita sehari-hari itu terjadi pada tingkat sel. Ini dapat digambarkan dengan kegiatan kita sehari-hari, misalnya ketika kita melakukan aktivitas membaca buku. Sel-sel apa sajakah yang bekerja saat kita melakukan aktivitas itu? Sel-sel tubuh yang bekerja antara lain sel otot. Dengan adanya sel otot, maka tangan kita bisa memegang buku. Selain itu, sel batang dan kerucut mata juga bekerja menerima bayangan tulisan atau gambar. Setelah itu, sel otak akan menerjemahkan sehingga menghasilkan suatu pengertian. Berdasarkan gambaran tersebut dapat kita ketahui bahwa sel itu hidup dan saling bekerja sama satu dengan yang lain untuk melakukan fungsi hidup. Fakta tersebut menunjukkan bahwa tubuh manusia tersusun atas kumpulan sel-sel. Sel-sel berkelompok membentuk suatu jaringan, dan kemudian jaringanjaringan akan menyusun organ. Organ mempunyai beragam bentuk dan fungsi. Organ-organ tersebut saling berkaitan satu sama lain untuk membentuk suatu sistem. Sistem organ inilah yang akan membentuk organisme baru.  Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa sel merupakan tingkatan terendah dari organisme kehidupan.

C.     Strategi-Strategi Organisasi
a.       Outlining
Contoh:
Sistem Pencernaan Pada Manusia:
A.    Makanan Dan Fungsinya
B.     Organ-Organ Pencernaan
1.      Mulut
2.      Krongkongan
3.      Lambung
4.      Usus halus
5.      Usus besar
C.     Gangguan Pada Sistem Pencernaan
1.      Diare
2.      Apendistis
3.      Ulkus
4.      Magh
5.      Sembelit
b.      Mapping
Contoh:
c.       Mnemonics
1)      Chunking / pemotongan
Contoh:
Menghafal NIM prodi pendidikan sains unesa seperti 103654205 dipotong enam angka dari depan 103654 sehingga tinggal menghafal 205.
2)      Akronim
Contoh:
Menghafal nama-nama warna dengan singkatan MeJiKuHiBiNiU (merah, Jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu)
3)      Kata Berkait (Link Word)
Contoh:
Mengaitkan kata cell dalam bahasa inggris dengan kata cellulae (yang berarti ruangan kecil) dalam bahasa latin.

D.                      Strategi-strategi Metakognitif
a.       Pengetahuan tentang kognisi
b.      Pemonitoran kognitif
Contoh:
Seorang siswa yang berorientasi pada audio mengetahui bahwa belajar sambil mendengarkan musik akan membuatnya lebih mudah untuk mengingat informasi dalam belajar.


Referensi: buku strategi-strategi belajar, karya Prof.Dr.Mohamad Nur





Tidak ada komentar:

Posting Komentar