Rabu, 01 Februari 2012

MAKALAH ISBD : MANUSIA DAN IPTEK


KATA PENGANTAR
Pertama-tama kami panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang atas segala rahmat dan karunia-Nya sehingga makalah yang berjudul “Manusia dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi” dapat terselesaikan dengan baik.
Dalam kesempatan ini, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang secara langsung dan tidak langsung yang telah membantu menyelesaikan makalah ini. Semoga Allah SWT memberikan balasan yang berlipat ganda atas segala bantuan yang telah diberikan.
Makalah ini diharapkan dapat membantu mahasiswa untuk mendapatkan pengetahuan baru tentang pemahaman ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kehidupan manusia serta dampak-dampak yang timbul akibat kemajuan teknologi.
Akhir kata penulis mengharapkap kritik dan saran guna untuk memperbaiki makalah ini agar menjadi lebih baik. Mudah-mudahan dapat memberikan manfaat yang besar dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.


Surabaya, 26 Oktober 2011

Penyusun





DAFTAR ISI

Kata pengantar…………………………………………………………………………………………………… 2
BAB I PENDAHULUAN
A.     Latar belakang………………………………………………………………………………………………. 4
B.      Rumusan masalah…………………………………………………………………………………………. 4
C.      Tujuan…………………………………………………………………………………………………………… 5
BAB II PEMBAHASAN
A.     Manfaat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bagi Kehidupan Manusia…………….. 6
B.      Pemahaman Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bagi Kehidupan Masyarakat.... 9
C.     Fungsi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam Manifestasi Kehidupan… 13
D.    Fungsi Laten…………………………………………………………………………………………….15
BAB III KESIMPULAN……………………………………………………………………………………….. 18
Latihan Soal………………………………………………………………………………………………………… 19
DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………………………………………………….. 20









BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
Manusia merupakan salah satu makhluk ciptaan Tuhan, manusia dilengkapi potensi seperti , akal, budi, karsa dan karya yang tidak dimiliki oleh makhluk ciptaan Tuhan lainnya. Karena itu manusia merupakan makhluk paling sempurna. Dengan akal yang dimilikinya manusia mempunyai kemampuan berpikir. Hasil dari pemikiran manusia melahirkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Teknologi yang diciptakan manusia digunakan untuk mengeksplorasi, mengolah dan memanfaatannya untuk pemenuhan hidup manusia.
Ilmu pengetahuan sebagai pengetahuan yang diorganisasi, diklasifikasi, disistematisasi, diinterpretasi sehingga menghasilkan objektif, sudah diuji kebenarannya dan dapat diuji ulang secara alamiah.
Ilmu pengetahuan menghasilkan suatu produk yang disebut teknologi. Penemuan pendidikan ilmiah terus menerus menghasilkan penemuan baru, melalui penggunaan metode-metode yang telah dilembagakan secara cermat. Penemuan tersebut dapat diterapkan antara lain tersebut mengembangkan alat-alat atau teknik-teknik produksi yang lebih efektif dan efisien yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Dalam pengertian ilmu pengetahuan dan teknologi dapat dikatakan ibarat dua sisi dari satu keping mata uang yang sama. Artinya ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan dua hal yang saling berhubungan. Ilmu pengetahuan menghasilkan penemuan-penemuan baru berupa teknologi dan teknologi dapat dipakai untuk membangun dan mengembangkan ilmu pengetahuan.
Dengan demikian ilmu pengetahuan sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia sehingga menarik penulis untuk membuat makalah ini.
B.     Rumusan Masalah
1.   Apa saja manfaat ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kehidupan manusia?
2.   Bagaimana pemahaman ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kehidupan masyarakat?
3.   Apa saja fungsi maninfestasi dan laten dalam ilmu pengetahuan teknologi bagi kehidupan manusia?


C.     Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah diatas dapat dirumuskan tujuan antara lain :
1.      Untuk dapat mengetahui pemahaman dan manfaat ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kehidupan manusia.
2.      Untuk dapat mengetahui fungsi maninfestasi dan laten ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kehidupan manusia.























BAB II
PEMBAHASAN

A.  Manfaat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bagi Kehidupan Manusia
Manfaat ilmu pengetahuan dan teknologi antara lain :
1.      Bidang Informasi dan komunikasi
Dalam bidang informasi dan komunikasi telah terjadi kemajuan yang sangat pesat. Dari kemajuan dapat kita rasakan dampak positipnya antara lain:
a.   Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet
b.   Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone
c.    Kita mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah.
Disamping keuntungan-keuntungan yang kita peroleh ternyata kemajuan kemajuan teknologi tersebut dimanfaatkan juga untuk hal-hal yang negatif, antara lain:
a.   Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris (Kompas).
b.   Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalahgunakan fihak tertentu untuk tujuan tertentu.
c.    Kerahasiaan alat tes semakin terancam.
d.   Melalui internet kita dapat memperoleh informasi tentang tes psikologi, dan bahkan dapat memperoleh layanan tes psikologi secara langsung dari internet.
2.      Bidang Ekonomi dan Industri
Dalam bidang ekonomi teknologi berkembang sangat pesat. Dari kemajuan teknologi dapat kita rasakan manfaat positifnya antara lain:
a.   Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
b.   Terjadinya industrialisasi
c.    Produktifitas dunia industri semakin meningkat
Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi. Di masa depan, dampak perkembangan teknologi di dunia industri akan semakin penting. Tanda-tanda telah menunjukkan bahwa akan segera muncul teknologi bisnis yang memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera individu dapat dipenuhi, dan yang lebih penting konsumen tidak perlu pergi ke toko.
d.   Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki.
Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi, akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan. Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami perubahan yang cepat. Akibatnya, pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja yang mampu mentransformasikan pengetahuan dan skill sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja yang berubah tersebut.
3.       Bidang Pendidikan
Teknologi mempunyai peran yang sangat penting dalam bidang pendidikan antara lain:
a.   Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.
b.   Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.
c.    Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka. Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain.
Disamping itu juga muncul dampak negatif dalam proses pendidikan antara lain:
a.   Kerahasiaan alat tes semakin terancam
Program tes inteligensi seperti tes Raven, Differential Aptitudes Test dapat diakses melalui compact disk.. Implikasi dari permasalahan ini adalah, tes psikologi yang ada akan mudah sekali bocor, dan pengembangan tes psikologi harus berpacu dengan kecepatan pembocoran melalui internet tersebut.
b.   Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal.
Kita tahu bahwa kemajuan di badang pendidikan juga mencetak generasi yang berepngetahuan tinggi tetapi mempunyai moral yang rendah. Contonya dengan ilmu komputer yang tingi maka orang akan berusaha menerobos sistem perbangkan dan lain-lain.
4.         Bidang Sosial dan Budaya
Dampak Postif          :
1.   Perbedaan kepribadian pria dan wanita. Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Bahkan perubahan perilaku ke arah perilaku yang sebelumnya merupakan pekerjaan pria semakin menonjol.Data yang tertulis dalam buku Megatrend for Women:From Liberation to Leadership yang ditulis oleh Patricia Aburdene & John Naisbitt (1993) menunjukkan bahwa peran wanita dalam kepemimpinan semakin membesar. Semakin banyak wanita yang memasuki bidang politik, sebagai anggota parlemen, senator, gubernur, menteri, dan berbagai jabatan penting lainnya.
2.   Meningkatnya rasa percaya diriKemajuan ekonomi di negara-negara Asia melahirkan fenomena yang menarik. Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan diri  sebagai suatu  bangsa  akan  semakin  kokoh.  Bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa Asia.
3.   Tekanan, kompetisi yang tajam di pelbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras.
Meskipun demikian kemajuan teknologi akan berpengaruh negatip pada aspek budaya:
1.   Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar. Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan material, telah menyebabkan sebagian warga masyarakat menjadi “kaya dalam materi tetapi miskin dalam rohani”.
2.   Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja semakin meningkat semakin lemahnya kewibawaan tradisi-tradisi yang ada di masyarakat, seperti gotong royong dan tolong-menolong telah melemahkan kekuatan-kekuatan sentripetal yang berperan penting dalam menciptakan kesatuan sosial. Akibat lanjut bisa dilihat bersama, kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja dan pelajar semakin meningkat dalam berbagai bentuknya, seperti perkelahian, corat-coret, pelanggaran lalu lintas sampai tindak kejahatan.
3.   Pola interaksi antar manusia yang berubah
Kehadiran komputer pada kebanyakan rumah tangga golongan menengah ke atas telah merubah pola interaksi keluarga. Komputer yang disambungkan dengan telpon telah membuka peluang bagi siapa saja untuk berhubungan dengan dunia luar. Program internet relay chatting (IRC), internet, dan e-mail telah membuat orang asyik dengan kehidupannya sendiri. Selain itu tersedianya berbagai warung internet (warnet) telah memberi peluang kepada banyak orang yang tidak memiliki komputer dan saluran internet sendiri untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui internet. Kini semakin banyak orang yang menghabiskan waktunya sendirian dengan komputer. Melalui program internet relay chatting (IRC) anak-anak bisa asyik mengobrol dengan teman dan orang asing kapan saja.

B.     Pemahaman Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bagi Kehidupan Masyarakat
Pada zaman globalisasi saat ini kita tidak terlepas dari teknologi dan ilmu pengetahuan. Banyak berbagai definisi yang diberikan oleh para ilmuwan dan filosof tentang ilmu pengetahuan dan teknologi antara lain :
a.   Donald Light dan kawan-kawan (1989) mendefinisikan ilmu pengetahuan sebagai usaha yang sistematis untuk mendapatkan ilmu pengetahuan tentang fenomena alam dan dunia sosial.
b.   Definisi yang lebih rinci diberikan oleh Internasional Webster ‘s dictionary yang mengartikan ilmu pengetahuan sebagai pengetahuan yang sudah diklasifikasikan, diorganisasi, disistematisasi, diinterpretasi sehingga menghasilkan kebenaran objektif, sudah diuji kebenarannya  dan dapat diuji ulang secara ilmiah.
c.    Paul Horton dan Cester L. hunt (1991) dalam bukunya berjudul sosiologi mendefinisikan ilmu pengetahuan sebagai upaya pencarian, pengetahuan yang dapat diuji dan diandalkan, yang dilakukan secara sistematis menurut tahap-tahap yang teratur dan berdasarkan prinsip-prinsip serta prosedur tertentu. Menurut Horton dan Hunt (1991) metode penilitian ilmiah mempunyai langkah-langkah sebagai berikut : merumuskan masalah, meninjau kepustakaan, merumuskan hipotesis, merencanakan desain penelitian, mengumpulkan data, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengulang penelaahan.
d.   Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, Ilmu (atau ilmu pengetahuan) adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia
Dengan demikian dapat disimpulkan ilmu pengetahuan merupakan pengetahuan yang bersifat empiris, objektif dan terbuka.
Kebenaran ilmu pengetahuan bukanlah bersifat absolute melainkan bersifat tentantif. ilmu pengetahuanyang dilahirkan oleh seorang ilmuwan kebenarannya bersifat sementara dan dapat diuji kembali oleh siapapun dan dimanapun. Bila pada pengujian terbaru menunjukkan data yang berbeda maka ilmu pengetahuan lama digantikan oleh ilmu pengetahuan baru. Dengan kata lain, ilmu pengetahuan lama telah dibuktikan kebenarannya dan lahir kebenaran baru. Pengujian terbaru juga dapat menghasilkan data yang mendukung ilmu pengetahuan lama sehingga kebenaran ilmu pengetahuan lama semakin diperkokoh.
Dilihat dari filsafat ilmu, ilmu mempunyai 3 unsur penting yang menjadi struktur dari bangunan ilmu tersebut yaitu :
a.   Ontologi secara sederhana dapat diartikan sebagai hakikat apa yang dikaji oleh sebuah ilmu. Dalam pengertian demikian sebuah ilmu harus mempunyai objek studi yang jelas. Objek studi tersebut harus dapat diidentifikasi, dapat diberi batasan, dapat diuraikan sifat-sifatnya yang essensial. Objek studi yang demikian dapat dikatakan sebagai fakta empiris. Fakta empiris adalah fakta yang dialami langsung oleh manusia dengan mempergunakan panca indera. Ruang lingkup kemampuan panca indera manusia dan peralatan yang dikembangkan sebagai pembantu panca indera tersebut membentuk apa yang dikenal dengan dunia empirik (Suriasumantri 1984).
b.   Epistimologi berkaitan dengan metode kerja sebuah ilmu. Metode kerja merupakan prosedur yang harus dilakukan untuk memperoleh pengetahuan. Ilmu pengetahuan merupakan pengetahuan yang diperoleh melalui prosedur tertentu yang dinamakan metode keilmuan. Metode keilmuan inilah yang membedakan ilmu pengetahuan dengan dua pemikiran lainnya. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ilmu pengetahuan adalah pengetahuan yang diperoleh melalui metode keilmuan (Suriasumantri 1984).
c.    Jika berbicara tentang manfaat ilmu pengetahuan maka hal itu berhubungan dengan aspek aksiologi. Aksiologi berkaitan dengan aspek nilai guna atau kemanfaatan dari sebuah ilmu. Sebuah kenyataan yang tidak dapat disangkal bahwa ilmu telah banyak mengubah dunia. Seperti pemberantasan penyakit, pengentasan kemiskinan, pengendalian penduduk, dll (Suriasumantri 1984).
Namun ilmu pengetahuan memiliki dampak negatif yang tidak lagi mensejahterakan kehidupan manusia melainkan dapat menghancurkan manusia itu sendiri. Misalnya bahan-bahan kimia dapat dipakai sebagai bahan obat-obatan, tetapi sekaligus juga dapat dipakai sebagai senjata kimia untuk memusnahkan manusia. Misalnya penemuan nuklir dapat menghasilkan energi yang cukup besar untuk sumber arus listrik tetapi juga memiliki dampak negatif yakni radiasi nuklir jika mengalami kebocoran.
Ilmu pengetahuan dapat dibedakan dengan pengetahuan dan akal sehat. Pengetahuan adalah segala sesuatu yang diketahui manusia melalui tangkapan panca indera intuisi dan firasat (Suriasumatri 1995). Dengan demikian ilmu merupakan bagian dari pengetahuan yang diketahui oleh manusia. Dapat dikatakan pula, pengetahuan lebih luas dibandingkan dengan ilmu. Ilmu pengetahuan berbeda dengan akal sehat. Akal sehat seringkali member tempat terhormat pada segala macam gagasan yang tidak memiliki kerangka pembuktian yang sistematis. Akal sehat adalah kumpulan dugaan firasat dan hasil belajar secara coba-coba dari sekelompok masyarakat. Misalnya ketika orang Eropa pada abad pertengahan memperhatikan bahwa penderita demam dari kutu, sementara orang sehat banyak dihinggapi oleh kutu maka berdasarkan akal sehat pada waktu itu dapat disimpulkan bahwa demam dapat disembuhkan oleh kutu dan karena itu mereka menaburkan kutu pada orang yang sakit demam.
Definisi teknologi Paul Horton dan Chester L. Hunt (1991) teknologi sebagai pengharapan penemuan-penemuan ilmiah untuk memecahkan masalah-masalah praktis. Dengan kata lain bahwa teknologi merupakan produk ilmu pengetahuan. Dalam pengertian demikian antara ilmu pengetahuan dan teknologi dapat dikatakan ibarat dua sisi dari satu keping mata uang yang sama, artinya ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan dual hal yang saling berhubungan. Ilmu pengetahuan menghasilkan penemuan-penemuan baru berupa teknologi sebaliknya teknologi dapat dipakai untuk membangun dan mengembangkan ilmu pengetahuan.
Teknologi tradisional berkaitan erat dengan paling sedikit delapan sistem peralatan dan unsur kebudayaan phisik adalah alat-alat produksi, senjata, wadah, alat-alat menyalakan api, makanan, minuman, bahan pembangkit gairah, dan jamu-jamuan, pakaian dan perhiasan, tempat berlindung dan perumahan, dan alat-alat transport.
Masyarakat primitif disebut juga masyarakat sederhana, di mana perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologinya belum mengalami perkembangan yang berarti, bahkan terbatas hanya berhubungan dengan usaha mencari dan menghasilkan bahan makanan hanya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri. Sehingga hasil produksi yang dihasilkan oleh masyarakat primitif masih sangat rendah. Masyarakat primitif umumnya memiliki mata pencaharian berburu karena belum mengenalnya sistem jual beli ataupun barter. Sehingga saling ketergantungan antara satu sama lainnya disini hampir tidak pernah terjadi mereka lebih mementingkan masalah mereka masing-masing.
Selain itu masyarakat primitif juga belum mengenal adanya listrik, biasanya mereka hidup hanya mengandalkan cahaya matahari dikala siang dan malam tidak ada penerangan sama sekali, mereka juga menganut agama yang telah dianut oleh nenek moyangnya terlebih dahulu agama mereka dapat secara turun-temurun dan jarang sekali ada masyarakat primitif yang mau melanggar apa yang telah digariskan olehnya karena pemikirannya masih sangat kolot, sehingga hal-hal yang diangap tabu menjadi sesuatu yang sangat dipantang oelh mereka. Begitulah sekilas kehidupan masyarakat primitif yang mungkin sampai di zaman globalisasi seperti ini orang-orang seperti mereka masih ada walaupun jumlahnya tidak banyak dan tedapat di daerah tertentu saja.
      Pada masyarakat primitif mengembangkan alat-alat produksi dari batu, tulang dan logam. Misalnya sabit dan pisau dibuat dari bahan logam mentah dengan cara pembuatan memandai.
Di bidang pengolahan  makanan, misalnya teknologi yang dikembangkan untuk mengolah makanan dengan menggunakan pemanfaatan batu-batu panas. Demikian pula dalam cara pembuatan pakaian. Pakaian dibuat dengan cara memintal dan menenun dengan menggunakan alat yang tebuat dari kayu yang digerakkan dengan kaki. Di bidang transportasi mengembangkan teknologi transportasi yang berasal dari tenaga hewan, seperti (sapi, kuda, kerbau), kereta beroda dari kayu, rakit dan perahu.

Pada masyarakat yang sudah modern, alat-alat produksi sudah bersifat mekanitis dan bahkan otomatis  yang sudah canggih. Misalnya untuk mengolah tanah pertanian tidak lagi menggunakan bajak atau cangkul yang membutuhkan tenaga dan waktu cukup lama. Melainkan sudah menggunakan traktor yang dapat mengolah tanah dengan cepat. Pada bidang pengolahan makanan dengan mengunakan teknologi yang sangat canggih. Bahan makanan yang masih mentah dimasukkan ke dalam mesin pengolahan akan dihasilkan makanan yang sudah siap saji. Pengolahan makanan tidak hanya menggunakan bahan-bahan yang alamiah sifatnya melainkan juga sudah menggunakan bahan-bahan kimiawi, misalnya bahan kimia untuk pengawet. Pada bidang transportasi tenaga manusia dan hewan mulai ditinggalkan. Sebagai penggantinya dikembangkan alat transportasi menggunakan tenaga mesin. Misalnya perahu bermotor, mobil, kereta api, bahkan pesawat terbang.

C.     Fungsi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam Manifestasi Kehidupan
Ilmu dan Pengetahuan merupakan dua unsur yang dapat mengubah kehidupan manusia. Penerapan ilmu dan teknologi dapat mengubah kehidupan manusia menjadi sejahtera atau bisa sebaliknya menjadi bencana bagi manusia. Dilihat dari fungsi ilmu pengetauhan dan teknologi dapat mempunyai manifest dan fungsi laten. Fungsi manifest berhubungan dengan tujuan yang diakui. Sedangkan fungsi laten berhubungan dengan hasil yang tidak diakui, jika hasil diakui maka merupakan hasil sampingan.
Berikut beberapa fungsi manifes penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kehidupan manusia:
a.      Bidang pertanian        :
Penerapan green revolution (revolusi hijau), program ini dilaksanakan dengan cara-cara produksi baru yang diberi label panca Usaha tani (pengolahan tanah, pemakaian bibit unggul, pemakaian obat-obatan, pemakaian pupuk buatan, dan pengairan). Penerapan panca usaha tani ini bertujuan untuk meningkatkan hasil produksi pertanian dan pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan petani. Intensifikasi pertanian pangan yang diacu sebagai revolusi hijau sejak awal memang ditekankan pada peningkatan produksi dengan mengantarkan teknologi yang lebih maju daripada yang dikenal di kalangan petani tradisional.
b.      Bidang kemasyarakatan         :
Menerapkan program keluarga berencana (KB) untuk mengendalikan jumlah dan laju pertumbuhan penduduk. Melalui KB pemerintah memperkenalkan dan mengharapkan kepada setiap pasangan subur (PUS) untuk menggunakan alat kontrasepsi berupa pil, IUD, suntik, kondom, dan lainnya untuk mencegah kehamilan dan menjarangkan kelahiran. Bahkan pemerintah mengeluarkna kebijakan untuk membebaskan biaya kepada setiap PUS yang akan menggunakan alat kontrasepsi tersebut.
c.       Bidang Komunikasi
1.      Ditemukan telepon oleh alexander Graham Bell telah mengubah kehidupan manusia menjadi mudah. Walaupun dibatasi oleh jarak geografis yang cukup jauh, misalnya antar benua, sesorang dapat mengadakan interaksi dengan orang lain secara cepat. Percakapan melalui telepon dihubungkan dengan bentangan kabel tembaga. Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi , seperti digambarkan oleh John Naisbitt dan Patricia aburdene(1990) pada tanggal 14 Desember 1988 kabel telepon serat optik yang pertama melintasi samudera atlantik. Kelebihan serat optik ini adalah lebih cepat dan lebuh jelas dibandingkan dengan kabel tembaga.
2.      Perkembangan teknologi komunikasi seluler. Teknologi komunikasi ini memungkinkan seseorang untuk melakukan mobilitas sangat tinggi. Teknologi ini tidak dibatasi oleh ruang dan waktu, dapat dibawa kemana- mana, bahkna mempunyai daya jangkau ke seluruh dunia.
3.      Teknologi ini juga berdampak pada perkembangan tenologi perangkat lunaknya, misalnya saat ini terjadi persaingan yang sangat tajam antaroperator telepon seluler. Masing-masing operator menawarkan paket menarik, mulai bebas roaming sampai bebas abonemen. Dalam kondisi demikian pengguna jas telepon seluler diuntungkan karena mempunyai banyak pilihan dan memperoleh harga murah.
4.      Adanya  teknologi komunikasi yang disebut dengan teknologi Japati oleh PT telekomunikasi Indonesia. Teknologi ini dapat dipakai unuk percakapan jarak jauh, selain dapat menghadirkan suara juga dapat menghadirkan gambar wajah orang yang sedang terlibat percakapan tersebut pada laya monitor.
5.      Dapat mengetahui perkembangan peristiwa di seluruh dunia melalui layar televisi dengan cepat dan dalam waktu yang sama. Selain itu juga dapat menyaksikan beberapa acara televisi swasta lainnya, menyaksikan program tayangan secara langsung (live).
d.      Penggunaan sumber energi alternatif antara lain, tenaga surya, uap, gas, dan nuklir untuk mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar minyak. Karena adanya eksplorasi dan eksploitasi secara terus menerus  dan besar-besaran yang berdampak pada semakin menipisnya jumlah persediaan bahan bakar tersebut.
e.      Bidang perbankan:
1.      Pengembangan sistem pelayanan terhadap nasabah menggunakan sistem komputerisasi dan otomatisasi. Dengan menggunakan networking system bank-bank dapat melayani nasabah dengan cepat. Penggunaan teknologi ini memungkinkan arus lalu lintas uang berlangsung dengan cepat dan semakin meningkat. Teknologi ini memberikan kemudahan bagi pengguna jasa perbankan untuk melakukan transaksi.
2.      Pengembangan ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Nasabah dibekali kartu sebesar KTP dapat memanfaatkan mesin ini untuk melakukan berbagai jenos transaksi, seperti pengambilan uang, tranfer uang, pembayaran listrik, telepon, dan trabsaks lain.
3.      Transaksi uang elektronik (electronik money) berupa kartu kredit (credit card). Dengan alat pembayaran ini anggota masyarakat memperoleh kemudahan, karena tidak perlu membawa uang dalam jumlah besar untuk melakukan transaksi pembelian baranf dan/ jasa. Dengan uang elektronik ini lebih menjamin keamanan bila dibandingkan dengan menggunakan uang tunai sebagai alat pembayaran.
f.        Mengungkap potensi sumber daya alam yang sebelumnya masih menjadi misteri. sebagai gambaran dengan ilmu pengetahuan dan teknologi  bahan-bahan tambang seperti minyak, emas, tembaga, uranium, dan lainnya dapat dieksplorasi dan dieksploitasi untuk memenuhi kebutuhan manusia.
g.      Demikian juga dengan lmu pengetahuan dan teknologi manusia mampu mengeksploitasi sumber daya alam hutan untuk kesejagteraan. Penebangan-penebangan kayu di hutan selain untuk memenuhi kebutuhan kayu untuk perumahan dan lainnya juga dapat mendatangkan devisa negara.

D.    Fungsi Laten
Dalam uraian berikut akan dipaparkan fungsi laten beberapa teknologi canggih dan akan dikemukakan implikasinya bagi kehidupan manusia. Manusia telah dihadapkan pada tantangan terhadap perkembangan teknologi yang semakin tak terbendung. Manusia dihadapkan pada tantangan apakah manusia mengendalikan teknologi atau menjadi budak teknologi. Jawaban terhadap tantangan ini tentu saja adalah manusia harus mampu mengendalikan teknologi dalam kehidupannya. Perkembangan teknologi tidak hanya berimplikasi pada kesejahteraan kehidupan manusia, melainkan juga mempunyai implikasi moral dan bahkan menjadi faktor destruktif bagi kehidupan manusia.
Pemakaian traktor pada usaha pertanian sawah di Jawa yang padat penduduknya, misalnya, telah mengabaikan aspek perikemanusiaan lebih menekankan aspek efisiensi. Pemakaian mesin ini berdampak pada marginalisasi tenaga kerja di pedasaan, yang kemudian melahirkan pengangguran yang pada akhirnya akan melahirkan kemiskinan (menurunnya kesejahteraan penduduk). Selain itu, pemakaian teknologi tersebut juga berdampak pada hubungan-hubungan sosial di pedesaan.
Hasil-hasil penelitian tentang pengaruh revolusi hijau (green revolution) terhadap kehidupan masyarakat di pedesaan seperti dilakukan oleh Amaluddin, Siahaan, Triono, dan kano menunjukkan bahwa penerapan teknologi melalui kebijakan green revolution berdampak pada memudarnya hubungan-hubungan sosial di wilayah pedesaan. Masyarakat pedesaan menjadi semakin rasioanal. Artinya, hubungan-hubungan sosial yang dibangun tidak lagi mempertimbangkan aspek sosial dan moral, melainkan lebih menggunakan pertimbangan rasionalitas.
Dampak sosial dari program revolusi hijau adalah lapisan-lapisan dalam masyarakat petani menjadi semakin jelas kelihatan. Ternyata hanya petani-petani kaya yang mempunyai akses terhadap teknologi pertanian modern tersebut, misalnya, petani kaya mampu membeli mesin traktor untuk mengolah tanah yang efisien.
Kartu kredit (credit card) menjadi contoh lain. Kartu setebal dan selebar kartu tanda penduduk (KTP) ini dapat digunakan melintasi batas-batas negara dan waktu. Kartu ini secara praktis dan cepat dapat digunakan untuk melakukan transaksi belanja di mana saja dan kapan saja di seluruh penjuru dunia.
Kegandrungan masyarakat terhadap teknologi komputer akhir-akhir ini nampaknya akan mengingkari seluruh asas perikemanusiaan dan menjadikan umat manusia sebagai budak komputer. Dengan teknologi komputer sebuah institusi dapat menyediakan informasi khusus maupun umum kepada anggota masyarakat melalui penyimpanan data sentral (central data base). Di negara-negara maju hl ini dapat mendorong semakin meningkatnya pelaksanaan pendidikan di rumah, meningkatnya ketegangan antara teknik mengajar tradisional dan teknik pengajaran yang diprogramkan melalui teknologi komputer.
Era besar bioteknologi telah berada di tengah-tengah kehidupan manusia pada awal abad ke-21 ini. Kehadirannya sangat ditunggu-tunggu, namun juga menjadi kekhawatiran bagi kebanyakan orang. Mengkhawatirkan bagi kebanyakan orang. Mengkhawatirkan bagi sebagian umat manusia karena bioteknologi mempunyai implikasi sosial dan moral.
Salah satu bioteknologi yang berkembang pesat akhir-akhir ini adalah rekayasa biologis. Rekayasa biologis merupakan sejenis upaya untuk mengendalikan diri manusia dan lingkungannya secara biologis. Kehadiran rekayasa biologis ini menimbulkan masalah moral yang serius. Ini terutama terbukti dengan munculnya kemungkinan untuk mengendalikan genetika.
Rekayasa biologis  juga mempunyai implikasi penting bagi pertumbuhan penduduk. Jika perkembangan seperti pengendalian genetika atau penciptaan organ-organ tubuh buatan  hingga penciptaan manusia super yang anti sakit dan berumur panjang berhasil.
Pengembangan dan pemakaian teknologi persenjataan telah menimbulkan dampak kemanusiaan yang sangat besar. Perang Dunia I dan II, serta rangkaian perang yang melibatkan antar-negara menimbulkan bencana kemanusiaan. Perang Korea tahun 1970-an telah mengakibatkan ratusan ribu manusia mati. Di balik serangkaian peristiwa perang tersebut terdapat fungsi laten dari perang yaitu adanya aktivitas perdagangan senjata yang dilakukan baik oleh individu, korporasi maupun negara.















KESIMPULAN

Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Perkembangan teknologi memang sangat diperlukan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun manusia tiudak bisa menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa teknologi mendatangkan berbagai efek negatif bagi manusia.            
Oleh karena itu untuk mencegah atau mengurangi akibat negatif kemajuan teknologi, pemerintah di suatu negara harus membuat peraturan-peraturan atau melalui suatu konvensi internasional yang harus dipatuhi oleh pengguna teknologi.













Latihan Soal
Pertanyaan   
1.      Apa yang dimaksud dengan ilmu pengetahuan?
2.      Apa yang dimaksud teknologi tradisional?
3.      Sebutkan 8 sistem peralatan dan unsur kebudayaan phisik!
4.      Buatlah contoh teknologi tradisional dan teknologi modern!
5.      Mengapa ilmu pengetahuan dan teknologi perlu diterapkan?

Jawab
1.      Ilmu pengetahuan adalah pengetahuan yang bersifat empiris, objektif, dan terbuka.
2.      Teknolgi tradisional adalah teknologi dari peralatan hidupnya yang tidak atau hanya secara terbatas dipengaruhi oleh teknologi yang berasal dari kebudayaan Barat.  
3.      Delapan sistem peralatan dan unsur kebudayaan phisik yaitu : alat-alat produksi, senjata, wadah, alat-alat menyalakan api, makanan, minuman, bahan pembangkit gairah, dan jamu-jamu, pakaian dan perhiasan, tempat berlindung dan perumahan, dan alat-alat transport.
4.      Contoh teknologi tradisional : petani menggunakan kerbau untuk membajak sawah.. sedangkan contoh teknologi modern : petani menggunakan traktor untuk membajak sawah.
5.      Karena untuk membuat kehidupan  manusia lebih muda dan lebih efesien, serta dapat meningkatkan kesejahteraan manusia.









DAFTAR PUSTAKA

Tim ISBD UNESA. 2008. Ilmu Sosial Budaya Dasar. Surabaya: Unesa University Press.
                    . 2010. Diakses melalui http://riuisme.wordpress.com/2010/03/02/fungsi-manifes-dan-laten/ pada tanggal 20 Oktober 2011 di Kloposepuluh.
                  . 2010. Diakses melalui “http://forum1.aimoo.com/kaltarabloggers/Category/Topic-1-1221860.html” pada tanggal 20 Oktober 2011 di Kloposepuluh.













2 komentar:

  1. Halo, nama saya Nona. Dwiokta Septiani Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Anita Charles pemberi pinjaman cepat, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 430 juta dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan. Jadi saya berjanji saya akan berbagi kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan semacam pinjaman, hubungi Ibu Anita melalui email: anitacharlesqualityloanfirm@mail.com.
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: septianidwiokta@gmail.com
    Sekarang, semua saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman yang saya kirim langsung ke rekening mereka.

    BalasHapus
  2. Apakah Anda perlu pinjaman tanpa jaminan untuk mendirikan sebuah bisnis atau pinjaman untuk renovasi dan banyak lagi, pencarian tidak lebih, kami adalah perusahaan yang sah dan pada tingkat bunga rendah dari 2% dan bersedia untuk meminjamkan jumlah yang Anda ingin meminjam dan membuat tahun ini yang berhasil untuk Anda. Mohon mengisi data pinjaman ini di bawah ini dan menghubungi kami melalui email perusahaan kami: gloryloanfirm@gmail.com.
    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: gloryloanfirm@gmail.com

    BalasHapus